Menu

INSTITUT PEMBINA ROHANI ISLAM JAKARTA

Call || + 62 21 8705577

 

Serpong (Kemenag) --- Tim Robotik MIN 1 Kota Cilegon menjadi juara pada kategori discovery robot ajang Kompetisi Robotik Madrasah Nasional 2017 untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

Tim yang beranggotakan Muhammad Adzka Imani (kelas 6) dan Ghaida Nabiela Rahma (kelas 5) ini menampilkan robot SIRO P-MAN. 

“SIRO P-MAN adalah singkatan dari Si Robot Pemberi Makanan hewan di kebun binatang,” kata Ghaida mengawali presentasinya di depan tiga juri di ICE BSD Serpong, Kamis (23/11).

Menurut Adzka, penciptaan robot ini terinspirasi oleh tragedi matinya sejumlah binatang  di kebun binatang di Surabaya. Petugas di kebun binatang tersebut malas bekeliling ke kandang-kandang yang tempatnya berjauhan untuk memberi makan.

“Nah, untuk menghindari hal tersebut, perlu dibuat robot yang bisa bergerak sendiri untuk memberikan makanan ke kandang-kandang binatang tersebut,” jelas Adzka.

Ghaida menjelaskan, SIRO P-MAN ini merupakan model mini robot pemberi makanan binatang di kebun binatang. “Kami bikin market kebun binatang dengan luas 1.5 meter persegi. Cara kerja robot ini bergerak dan berjalan mengikuti garis hitam (line tracer). Ketika robot bertemu dengan pertigaan (dimana ada lokasi kandang binatang), ia akan berhenti dan mengangkat trailer yang berisi makanan binatang, untuk dituangkan ke dalam kandang," jelasnya.

“Robot ini bisa bekerja secara otomatis, ataupun digerakkan dengan remote kontrol,” tambahnya.

Kompetisi Robotik Madrasah 2017 diikuti 83 tim. Sebanyak 18 tim adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk Kategori Discovery Robot. Selain itu, ada 17 tim siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk kategori mobil ekspedisi, dan 13 tim MTs untuk Discovery Robot. Ada juga 17 tim Madrasah Aliyah (MA) untuk kategori Self-Driving Car dan 18 tim MA untuk kategori Discovery Robot.

Kompetisi ini berlangsung sehari, dari pukul 08:00 - 17:00 WIB di Foyer Hall 2 ICE BSD Serpong. (Hamam)